Monday, April 14, 2008

Rakyat Jabar Menginginkan Perubahan : Selamat Untuk Hade!

Nampaknya pasangan koalisi PKS-PAN melalui pasangan cagub-cawagub Ahmad Heryawan-Dede Yusuf akan memenangkan pertarungan, hasil perhitungan cepat 5 lembaga survai menunjukkan hasil yang menyakinkan!

Ini tentu saja beriimplikasi pada peta perpolitikan Jawa Barat dan Nasional. Sebentar lagi Pilgub Jawa Tengah dan Jawa Timur akan digelar. Pertarungan di sana akan sangat penting bagi para elite partai politik besar karena sekitar 50% penduduk Indonesia ada di pulau Jawa.

Kemenangan Hade diluar dugaan para pengamat mainstream, kalkulasinya masih menggunakan hitung-hitungan poltik masa lalu dan terbuai hasil survei orang terpopuler Jawa Barat yang menempatkan Agum Gumelar di posisi puncak. Dede Yusuf juga populer, tetapi saya menduga rakyat Jabar menginginkan perubahan dan ini hanya bisa dipenuhi oleh pasangan yang asalnya tidak diunggulkan, Hade pisan euy!

Saya juga menduga mesin politik PKS dan PAN telah berkerja dengan sangat efektif dan berhasil pempopolerkan Hade pada tinggat ’cukup’, tidak berlebihan seperti pasangan lainnya. Buat saya kampanye dua pasangan lain terasa giung dan jadilah overkill!

Yang menurut saya juga menjadi faktor penentu adalah dalam pandangan rakyat Jabar PKS mewakili partai ’terbersih’ dan PAN mewakili partai tidak berbasiskan agama walaupun warna Islamnya tetap kuat. Dan kedua-duanya partai baru!

Bagi saya pribadi, sangat berharap walaupun warna Islam sangat kuat dan mayoritas rakyat Jabar beragama Islam, Hade menjadi pemimpin semua rakyat Jabar yang seutuhkan. Mudah-mudahan tidak ada kebijakan yang hanya untuk kepentingan golongan tertentu yang, misalnya sangat vokal dan sering protes dan demo disana-sini.

Juga tidak hanya mementingkan balas jasa dan perjanjian ’pra nikah’, walaupun itu tetap penting diperhatikan. Jangan seperti seorang gubernur yang baru terpilih, yang katanya, bagai kacang lupa kulitnya, sehingga proses pengajuaan APBD-nya terus dijegal DPRD sehingga terancam kena sanksi Pemerintah Pusat dan pembangunan DKI terbengkalai. Meskipun dia bisa saja nantinya mempersalahkan DPRD, tetapi jika sudah punya komitmen ’pra nikah’ mbok yang dipenuhi dengan cara yang lebih bijaksana, gitu lho!

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berusaha memenuhi janjinya, kepada siapapun! Jika memang yakin tidak bisa memenuhi janji itu, lebih baik jangan buat komitmen apapun...

Kalaupun tidak bisa memenuhi, jelaskanlah alasan dan kendala yang dihadapi.

Jangan juga mementingkan kelompok yang mempunyai lobi kuat, baik secara ekonomi maupun politik. Tetap mengutamakan kompetensi, visi serta mutu hasil pekerjaan pemrakarsa berbagai proposal pekerjaan yang pasti akan mengalir ke meja-meja Hade!

Jangan lupakah harapan para pemilih, harapan orang yang tidak memiliki akses yang kuat pada anda berdua. Mereka perlu dibantu kemudahanan akses atas berbagai sumber untuk meningkatkan kompetensi dan perbaikan ekonomi. Mereka sebenarnya mampu bersaing, tetapi karena tertinggal starting point-nya, perlu dibantu agar bisa bersaing secara adil dan bisa mencapai kesejahteraannya dengan penuh kebanggaan karena dibantu anda berdua sekaligus atas jerih payahnya. Tidak hanya sekedar belas kasihan, balas budi atau politik populis...

Selamat bekerja buat Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf. Selamat pula buat PKS dan PAN. Saya turut berdoa agar Allah SWT selalu mendampingi anda berdua untuk menjadi peminpin Jawa Barat yang dicintai rakyatkan dengan penuh keikhlasan.

Amin.

6 Comments:

At April 14, 2008 12:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Pak Aji...kayanya yang menang bukan HaDE, tapi GOLPUT, soalnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur kali ini rendah sekali....kalau diprosentasekan hanya 40% dari seluruh pemilih yang memberikan hak suaranya...HIDUP GOLPUT!!
Masyarakat sepertinya sudah semakin apatis, ini terjadi karena ulah para pemimpin sendiri yang hanya OMDO (Omong Doang) dan janji-janji muluk tanpa perubahan yang berarti ....

 
At April 14, 2008 8:06 PM, Blogger Adji Wigjoteruna said...

He...he...
Kalo begitu kenapa ga buat partai GULPUT sekalian Den?

 
At April 15, 2008 9:10 AM, Anonymous Anonymous said...

Rakyat daripada bingung2 pilih mana, mendingan pilih yang artis, yang gagah, yang ganteng.
Toh yang bukan artis juga sama aja nggak becusnya memimpin negara atau propinsi. Lah, jadinya kalau prestasinya hampir sama, ya mendingan pilih yang ganteng (atau kalau ada yang cantik), minimal biar kalo nanti mimpin propinsi nggak becus masih sedap untuk dipandang!! Huehehe... :D

 
At April 18, 2008 11:25 PM, Blogger Adji Wigjoteruna said...

Benul Yari ...

Kalo gitu saya bisa nyalonin neh jadi pejabat negara :) *geer*

Sayang ane bukan ngartis ...

dan pasti ga becus ...cus!

 
At May 03, 2008 1:50 PM, Blogger infogue said...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/rakyat_jabar_menginginkan_perubahan_selamat_untuk_hade_

 
At June 09, 2013 4:40 PM, Anonymous Dian said...

sekarang jadi Ahmad Heryawan dan Dedi Mizwar. Semoga Jabar makin lebih berprestasi dan makmur lagi.

 

Post a Comment

<< Home